Selasa, 08 April 2014

GUEST HOUSE DI KOREA YANG RECOMMENDED

Hello,
Kembali bersama saya, Ssiela ^^ (berasa mc di tipi)

Temen-temen yang berencana backpacker atau budget traveller ke Korea Selatan tentunya akan memilih guest house sebagai tempat menginap. Kalau milih Hotel bintang tujuh namanya bukan budget traveller lah yaaa, itu namanya high class budget traveller.

Meski kenyamanan estetika syalalalaa pasti terpenuhi, ada hal-hal yang tidak bisa kita dapatkan jika kita memilih Hotel berbintang. (Ungkapan ini bisa dianggap pembenaran atau mungkin ungkapan penghibur diri karena uang di dompet ga cukup untuk pesen hotel... aa..aaa.. yah..bisa jadi X_x) Yah, pada intinya, kita ke Korea kan mo jalan2 bukan mo tidur, yang penting bisa merem, istirahat cukup dan aman sentosa. Jadi, tempat menginap bukan topik utama liburan kita, ya ga?!

Oke, poin-poin kelebihan saat kita memilih guesthouse / hostel
1. Lebih Terjangkau pastinyaa, kisaran harga guesthouse yang pernah saya cari di mesin pencarian itu sekitar 18.000-25.000won untuk jenis dormitory. Sedangkan untuk type doble, twin bisa mulai dari 20.000won ke ataasss, biasanya sih paling mahal seorangnya jadi bayar 35.000won per malam. Nah, untuk yang type ondol (tidur pake pemanas, ala orang korea) biasanya lebih mahal, yang paling murah sih ada yang 30.000 seorang.
Suasananya lebih Hommieee, kenapa? karena kebanyakan guesthouse memiliki ruang kumpul, seperti living room kaya di rumah kita, ato dapur, ato ruang internet gratis dengan beberapa perangkat komputer lengkap.
2. Kita bisa ketemu en kenalan en cinlokan (ups... (~',')> aihhh) sama orang baru dari berbagai negara. En pastinya kita bisa banyak tuker-tuker informasi.
3. Ada fasilitas BBQ-an nya, lebih asik kalo gabung sama turis-turis lain.
4. Bersih, Nyaman, Aman, Ga ribet.
Yeab, kurang lebih sih itu. Seru, kan?!

Nah, ada guesthouse yang slalu jadi andalan saya kalo pergi ke Korea.
1. Beewon Guesthouse, lokasinya di seberang istana Chandeokgung (jalan kaki 3 menit, kalo ngesot 10 menit >,<) pokonya deket! ini linknya untuk reservasi dan liat kondisi kamarnya yang terbilang bersih dan nyaman. Beewon Guest House Selain dekat dengan Istana, Beewon Guesthouse juga berada di lokasi oleh-oleh atau tempat nongkrong anak muda Korea hihi, Insadong. Di Insadong ini, suka ada atraksi jalanan, yang menarik untuk kita tongkrongin. Saya dan Imel (teman seperjuangan untuk jalan-jalan ke Korea, hihi) memilih Juke room, dormitory room (ranjang susun dari besi). Dorm untuk 2 orang, jadilah saya dan Imel cuma berdua, berasa privat ya ga sih? hihi...dorm tapi untuk 2 orang... hhaha...harganya 18.000 per orang / malam.


Naahh, di Beewon Guesthouse inilah, saya bertemu dengan teman dari Malay namanya Mohhammed, orang campuran India-Malay gitu deh, pertama ketemu waktu di subway pas nanya arah subway, eh taunya satu guesthouse, jadilah kita ngobrol ttg Indonesia dan Malay mulai dari jaman penjajahan Belande sampe sekarang, dia pake bahasa melayu en aseli aku ga ngerti, meski ada 1 atau 2 kata yang ketangkep karna mirip bahasa Indo, tapi dia akhirnya menggunakan bahasa Inggris setelah ngajak aku ngobrol dan aku cuma hhahah hehehehe ga jelas, dia nanya, aku malah, sorry? sorry? what do you mean? wkwkwkkw...

Lalu ada juga temen dari Korea, namanya Jinbo. Pertama ketemu dia bilang, selamat pagi pake bahasa Indonesia, lalu dia ga berenti memamerkan pengetahuannya tentang bahasa Indonesia yaitu Halo, apa kabar? Terima Kasih dan Selamat Pagi. hahaha...meski hanya 3 ungkapan, tapi senengnya ketemu orang asing yang bisa bahasa kita, hihihihiii...dan sampai sekarang saya pun masih berteman akrab, bahkan bulan Oktober tahun lalu, dia berlibur ke Bandung untuk mengunjungi teman-teman Bandungnya.

Selain itu, ada juga temen cewe supel yang luar biasa ramah asal Skotland, sayang namanya lupa dan saya ga punya contactnya. Setelah kenal Jinbo, saya pun dikenalkan dengan teman asal Taiwan, namanya Serina. Orangnya cantik baik. Kita pun sempat dinner bareng di Yoogane, resto franchise Korea yang jualan nasi goreng dimasak di meja, sekarang uda ada di Indo. Juli tahun lalu Serina dan temannya pun tertarik untuk main ke Bandung,hihi...seru, kan punya temen asing, kita jadi bisa bikin mreka tertarik untuk liburan ke negara kita.

Imel (teman saya, kami berdua pergi ke Korea), saya, Serina, dan Jinbo ^^

2. Namsan Guesthouse
Nah, kalau Namsan Guesthouse itu, kami memilih room double, sistem ondol. VIP Twin B seharga 65.000/malam untuk 2 orang + biaya tambahan 10.000 / orang. Jadi untuk 3 malam kami menginap disana, satu orangnya bayar (32.500 x 3)+10.000= 107.500won
sedikit lebih mahal dari Beewon tapi tempatnya memang lebih bagus sih, hehehe, selain itu berada di pusat belanja Myeongdong!! cuma 3 menit, kaya masak ramen, lalu nyampe.hihihi...


kamar Twin B VIP di Namsan 2
Nah itulah 2 guesthouse recommended dari saya yang berlokasi di Seoul.

Sementara Guesthouse lain yang berada di Sokcho akan saya post setelah saya mencoba guesthouse itu dengan mata kepala sendiri hihihiii...

3 komentar:

  1. share lagi dong info-info tentang most visited place in korea..yg seru and backpacker budget ...kekekkeke

    BalasHapus
  2. Siap Chinguuu...aseek aseekkkk....nabung nabung....

    BalasHapus
  3. YOSHHH maigat jadi bener2 niat nabung.. makasih kak infonya, lanjut info tempat wisata sm belanja yg udah kakak dtgin dong direview :) gomawo

    BalasHapus