Selasa, 08 April 2014

BELAJAR BAHASA KOREA, YUUUUUKKK?! part 1

Hemmm, saya memang suka Koreyaaa... hihihiii...selama beberapa bulan saya sempat belajar bahasa Korea di salah satu universitas swasta Bandung. Pelatihan bahasa itu merupakan hasil kerjasama antara Kota Bandung dan Kota Suwon di Korea.
Pengajarnya pun merupakan native Orang Korea, jadilah saya bisa sedikit-sedikit bahasa Korea.

1. Hal pertama untuk mempelajari bahasa Korea, adalah mempelajari huruf-hurufnya yang bernama Hangeul. Terhitung mudah untuk orang-orang yang pernah berkenalan dengan bahasa Mandarin dengan huruf Hanzhi-nya. Jika bahasa Mandarin menggunakan karakter, bahasa Korea menggunakan huruf alfabet versi Hangeul. Jadi, kita hanya seperti belajar menghapal huruf a, b, c...

Hangeul terdiri dari vokal dan konsonan, vokal pun dibagi dua lagi menjadi vokal tunggal dan doble vokal… cekidot…
1. vokal tunggal
ㅏ a
ㅑ ya
ㅓ eo
ㅕ yeo
ㅗ o
ㅛ yo
ㅜ u
ㅠ yu
ㅡ eu
ㅣ i
2. Doble vokal
ㅐ ae
ㅒ yae
ㅔ e
ㅖ ye
ㅙ oae
ㅚ we
ㅝ wo
ㅞ we
ㅟ wi
ㅢ eui
NB: dalam hangeul memang banyak sekali huruf yang terdengar e-nya sampe2 beda tulisan tapi menurut kita orang Indonesia mungkin ga ada bedanya, tapi orang korea bilang, ada bedanya sedikit saat pengucapannya…yah, mungkin ini masalah kebiasaan..hehehe…
3. Konsonan
ㄱ g/k
ㄴ n
ㄷ d/ t
ㄹ l/ r
ㅁ m
ㅂ b
ㅅ s
ㅈ j
ㅊ ch
ㅋ kh
ㅌ th
ㅍ ph
ㅎ h
ㅇ ng

>> Konsonan rangkap
ㄲ kk
ㄸ tt
ㅃ bb/ pp
ㅆ ss
ㅉ jj
untuk membuat sebuah kata harus ada vokal dan konsonan, minimal 1 V dan 1 K, adapun 2 K dan 1 V, atau 3 K dan 1 V
바보 Babo… Ini dibentuk K+V…
sedangkan
박 유천 Pak YuCheon …Pak dibentu dari K+V+K, konsonan yang berada di bawah disebut Batchim, Yu dibentuk K+V saja, sedangkan Cheon pun sama seperti Pak ada batchim (konsonan yang berada di bawah)
준수 Junsu
재중 Jaejung
윤호 Yunho
창민 Changmin
Setelah mempelajari hangeul, kita juga bisa masuk pelajaran baca tulis, tapi sekarang saya share pake abjad dulu, pelajaran pake hangeul akan dishare di post berikutnya..
* Jagisogae
1. Mengucapkan salam
– Versi resmi (sopan, ke yang lebih tua atau yang baru kenal, misalnya kita baru masuk ke dalem kelas baru)
Annyeonghasimnikka!
Narae: Annyeonghasimnikka!
Yucheon: Ne, Annyeonghasimnikka!
– Versi sehari2 : Annyeonghaseyo!
– Versi ke temen deket : Annyeong!
>> digunakan saat bertemu atau berpisah juga bisa…
ada beberapa kondisi saat mengucapkan salam, selain menggunakan annyeonghaseyo, biasanya juga digunakan:
> kondisi: mau pulang dari rumah temen, kita bilang Annyeonghigyesipsio (selamat tinggal)
Nah, kalo kita bilang gitu, temen kita jawab Annyeonghigasipsio (selamat jalan)
~~ Versi sehari-harinya dari selamat tinggal : Annyeonghigyeseyo dan untuk selamat jalan: Annyeonghigaseyo
~~ Versi temen dekeetttt dari selamat tinggal: Jalisseo dan untuk selamat jalan: Jalga
> kondisi: ketemu temen di jalan, papasan, ngobrol2 terus mo berpisah ke tempat tujuan masing2, kita bilang: Annyeonghigaseyo dan temen kita juga bales Annyenghigaseyo…
2. Memperkenalkan diri
Annyeonghaseyo! (Hi!)
Jeo nen Narae-imnida (Saya Narae)
Jeo nen indonesia saram-imnida (Saya orang Indonesia)
Jeo nen daehaksaeng-imnida (Saya seorang mahasiswa)
note: Saya >> Jeo/ Jaega (sopannya) tapi kalo sama temen kita bisa pake Na
Kamu >> Dangshin (sopannya ke yang lebih tua atau baru ketemu) tapi kalo sama temen sepantar, ataw uda deket bisa pake Neo
3. Mengajak berkenalan
Ireum-i muosemnikka? (Siapa namamu)
oneu Nara saram-imnikka (Dari negara mana asalnya?)
Jigeob-i muosemnikka? (apa pekerjaanmu)
Jenis2 pekerjaan:
guru> seonsangnim
murid> haksaeng
mahasiswa> daehaksaeng
dosen> kyosu
dokter>euisa
pegawai kantor> hwesawan
pegawai pemerintah> gongmuwon
penyanyi> Gasu
artis> Baeu
apoteker> Yaksa
suster> ganhosa
koki> miyongsa
ibu rumah tangg> jubu
reporter> gija
negara2:
korea>hanguk
amerika> miguk
cina> jungguk
inggris> yeongguk
indonesia> indonesia
thailand> daeguk
Taiwan> daeman
Jerman> dugil
India> Indo
Perancis> perangse
Jepang> ilbon
Nah, segitu dulu deh…semoga bermanfaat!
Kalo ada yang ditanyakan…langsung aja komen..hihihihi
Hwaitting chingu deul…let’s learn korean step by step!
Ini merupakan hasil copas dari blog saya sebelumnya yang saya lupa kuncinya, eh lupa passwordnyaa... deuh...itu adalah masa dimana saya masih ababil yang suka ganti-ganti nama dan mencari jati diri, deuuuhh... 
Tapi, sekarang setelah saya menemukan siapa diri saya, saya pun memilih nama Ssiela sebagai nama pena saya. 
link asli dari blog saya bisa diklik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar